Pemeriksaan Pajak

PALEMBANG – Dalam proses pemeriksaan, biasanya pemeriksa pajak memerlukan dokumen-dokumen dan wajib pajak harus memenuhinya. Berdasarkan ketentuan sekarang permintaan tersebut harus dipenuhi dalam waktu tujuh hari setelah permintaan diajukan. Hal ini disampaikan oleh I Putu Sudarma, Kabid pemeriksaan, penagihan dan penyidikan pajak DJP Sum-Sel dan Kepulauan bangka Belitung. Putu menghimbau kepada para wajib pajak untuk menyimpan semua SPT selama 10 tahun. “Setelah 10 tahun, baru dibuang”.

Pemeriksaan pajak ini tidak hanya dilakukan oleh DJP saja, tetapi juga dapat berupa permintaan dari wajib pajak. Banyak wajib pajak yang meminta diperiksa. Sebagian beralasan untuk kepastian hukum (daripada diperiksa, misalnya, tujuh tahun kemudian), sebagian lagi karena diminta oleh calon investor atau bahkan untuk melakukan suatu tender. Tetapi sebagian besar tentu menghindari pemeriksaan pajak.

Tidak perlu takut atau menghindar ketika terjadi pemeriksaan pajak. Sikap yang kooperatif sangat diperlukan agar pemeriksa pajak dan wajib pajak dapat bersama-sama melakukan interpretasi terhadap dokumen-dokumen yang sedang diperiksa “Yang mengetahui secara utuh sebuah dokumen yang sedang diperiksa tentunya adalah si Wajib Pajak, untuk itulah, jika wajib pajak memberikan keterangan yang terang tanpa ada yang ditutup-tutupi, mengapa harus takut?, ” himbau Putu.

Ada beberapa alsan kenapa seorang wajib pajak diperiksa yakni : [1]. SPT Lebih Bayar, [2]. SPT Rugi, [3]. SPT tidak atau terlambat disampaikan, [4]. Memenuhi kriteria seleksi yang ditetapkan. [5]. Ada pengaduan dari masyarakat, yang terakhir adalah pemeriksaan tujuan lain misalnya untuk pemberian atau penghapusan NPWP. (vira)

Sumber : http://trijayafmplg.wordpress.com/

Satu Tanggapan

  1. bagaimana prosedur pemeriksaan WP yang mengeluarkan Faktur Pajak sebelum PKP? sedangkan WP sudah melakukan pembayaran. Menurut Pasal 39 A UU KUP WP harus dikenakan kurungan minimal 2 tahun serta denda 2 kali pajak yang tercantum dalam Faktur Pajak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: